B E R I T A

Rabu, 20 November 2019 14:00

Ratusan Kader Posyandu Terima Pelatihan iPosyandu

image

Tanjungpandan,- Ratusan Kader Posyandu se-Kabupaten Belitung terima pelatihan iposyandu. iPosyandu merupakan aplikasi berbasis android untuk mengoptimalisasi sistem informasi pelaporan para kader posyandu kepada puskesmas, Dinas Kesehatan, hingga Kementerian.
 
Abdullah Kholifah, Program Leader CSR Operation, PT. Astra International menyebutkan program iposyandu dapat membantu kader-kader posyandu dalam melakukan pencatatan dan pelaporan.
 
"Jadi ibu-ibu disini akan  dimudahkan untuk pencatatan, untuk melakukan pelaporan selama ibu-ibu bertugas di posyandu," ungkap Abdullah
 
Dengan menggunakan aplikasi iPosyandu, para kader posyandu tidak lagi membutuhkan buku untuk proses pencatatan perkembangan anak. Selama ini penggunaan buku sebagai pencatatan dinilai rentan mengalami kerusakan atau hilang.
 
Jasagung hariyadi,  Asisten 2 bidang Ekonomi Pembangunan, Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, berharap kegiatan ini dapat berlanjut di tahun-tahun berikutnya. 
 
"Kami sangat berharap jangan sekali ini saja, namun berkelanjutan," ungkap Jasagung.
 
Sektor kesehatan merupakan salah satu prioritas di Kabupaten Belitung. Dari total APBD tahun 2018, 14 persen telah dialkokasikan untuk kesehatan.
 
Belitung merupakan daerah kelima yang mendapat program CSR  PT. Astra. Sebelumnya CSR PT. Astra dilakukan di kota Padang, Malang, Kepulauan Seribu, dan Pontianak.