B E R I T A

Rabu, 20 November 2019 13:00

Bukan Fogging, Faktor Kebersihan Lingkungan Jadi Pencegah DBD

image

Tanjungpandan, Media Center - Penanganan  wabah demam berdarah tidak cukup ditangani dengan melakukan fogging. Penanganan wabah demam berdarah akan lebih efektif dengan melakukan pembersihan sarang nyamuk. Hal ini disampaikan  Suhandri, selaku kepala dinas kesehatan, Kabupaten Belitung pada rabu (20/11/2019).
 
"Fogging itu bukan jalan keluar terbaik, jalan terbaik adalah pemberantasan sarang nyamuk," ujar Suhandri di Gedung serba guna pemkab Belitung.
 
Pemberantasan sarang nyamuk dapat dilakukan dengan melakukan gerakan M3+. Gerakan M3+ terdiri dari menguras bak air, mengubur tempat genangan air, menutup tempat penyimpanan air, dan memanfaatkan barang bekas. 
 
Suhandri juga mengingatkan agar masyarakat lebih waspada dalam mengalami perubahan musim. Ketika memasuki musim penghujan akan menimbulkan genangan air yang bisa menjadi sarang nyamuk aedes aegypti.
 
Ciri khas nyamuk aedes aegypti biasanya hidup di air yang bersih. Masyarakat juga diminta untuk rajin menguras bak mandi, minimal satu kali seminggu.