B E R I T A

Selasa, 15 Oktober 2019 13:00

Pemerintah Kabupaten Belitung Sambut Kedatangan Peserta Diklatpim III Provinsi Jatim

image

Tanjungpandan - Pemerintah Kabupaten Belitung menerima Kunjungan Para Peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat III Angkatan XVI Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam rangka Benchmarking to Best Practice di Kabupaten Belitung Tahun 2019, bertempat di Ruang sidang Pemkab Belitung, Selasa Pagi (15/10/2019). Rombongan disambut
oleh Asisten Bidang Administrasi Pemerintah Kabupaten Belitung Dra. Ita Wahyuni , hadir juga pada kegiatan tersebut Kepala BKPSDM Kabupaten Belitung Saprin S.A.P Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung Ir. Hermanto serta Dinas/Instansi terkait di Lingkungan Pemkab Belitung.
 
Berdasarkan Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI Nomor : 19 
Tahun 2015 tentang pedoman Penyelenggaraan Diklat Kepemimpinan Tingkat III terdapat kurikulum dengan mata diklat Benchmarking to Best Practice yang merupakan suatu metode pembelajaran dalam bentuk Kunjungan lapangan yang bertujuan untuk membekali para peserta diklat secara langsung dalam hal kemampuan mengadaptasi dan mengadopsi suatu bentuk keunggulan suatu organisasi, Ujar Ketua Rombongan Dr. Ir. I Made Sukartha dalam laporannya.
 
Lebih lanjut dirinya berharap "kiranya apa  yang diperoleh dari kegiatan ini dapat menjadi masukan untuk menyusun proyek perubahan. Karena, dengan pola kurikulum baru ini, peserta dituntut untuk bisa mencreate dan membentuk jiwa kepemimpinan yang dapat melakukan perubahan dengan berbagai inovasi", sebutnya.
 
"Kemudian, agar hasil pengamatan yang diperoleh dari daerah lain dapat memperkaya referensi penulisan, yang hasil akhirnya nanti dapat diaplikasikan pada pelaksanaan tugas di lingkup kerja masing-masing", harapnya.
 
Sementara, Asisten Bidang Administrasi Pemerintah Kabupaten Belitung Dra. Ita Wahyuni dalam sambutannya menyampaikan sekilas pandang mengenai Profil Kabupaten Belitung termasuk memaparkan Visi dan Misi serta program unggulan kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Belitung.
 
Ita berharap, "melalui rangkaian kegiatan ini para peserta nantinya dapat memberikan masukan yang dapat diimplementasikan kembali di Pemerintah Daerah dalam upaya mendukung kemajuan pembangunan di Kabupaten Belitung", ujarnya.
 
Sebanyak 39 orang Peserta Diklat dari Pejabat Eselon III yang merupakan perwakilan dari beberapa daerah di Indonesia. Adapun lokus atau objek di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung yang akan di kunjungi diantaranya Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung, Dinas Koperasi, Perindustrian, Usaha Kecil Menengah dan Tenaga Kerja, dan Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Belitung.